Other Tutorial

Sejarah Python


Python
adalah bahasa pemrograman beraras tinggi yang di buat oleh seorang dari Amsterdam, Belanda yang bernama Guido Van Rossumpada tahun 1989. Python dikenal sebagai bahasa pemrograman yang “sederhana”, akan tetapi bukan berarti “mudah”. Yang dimaksud sederhana adalah cara penulisan baris programnya.

Contoh:
1. Untuk memisahkan antar baris pada java kita harus menggunakan karakter ” ; “, sedangkan pada python cukup dengan [Enter] atau pindah baris maka sudah dianggap sebagai akhir baris
2. Pada Java, kita perlu pendeklarasian tipe data pada suatu variabel, misal
int a; float z,c,ab;
Sedangkan pada Python hal tersebut tak perlu dilakukan, karena python memiliki variabel yang dinamis. Tetapi kita juga bisa melakukan pemaksaan tipe data seperti:
x = int(x)
y = float(y)

3. Penulisan konstanta nya pun terbilang mudah. Contoh pada java:
int a;
a = 35;
Pada python kita cukup menuliskan
a = 35

Dan masih banyak lagi kemudahan penulisannya. Maka dari itu banyak orang yang senang menggunakan Python, terlebih diluar negeri. Mirisnya, di indonesia masih saja di “Manjakan” dengan Visual Studio. Dengan tinggal klik sana sini dan sedikit prgramming, kita sudah bisa membuat aplikasi.

Walaupun sebenarnya Python adalah bahasa yang berjalan di lingkungan Unix, tapi python pun dapat juga berjalan pada lingkungan Windows dengan menggunakan Python dan IDLE. Saya yakin, kedepannya akan banyak orang yang menggunakan bahasa pemrograman Python ini. Jadi tak ada salahnya anda mempelajari bahasa program yang satu ini.

Python dapat dikunjungi di Website resminya yaitu
http://www.python.org

linux-training1.bmp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait