linux-training1.bmp

FTP Server merupakan singkatan dari File Transfer Protocol atau yang dalam bahasa indonesia berarti Protokol Pengiriman Berkas. Sesuai dengan namanya, FTP ini berfungsi untuk melakukan Pengunduhan (Download) file dan Pengunggahan (Upload)  file kepada sebuah server. FTP juga merupakan protokol yang pertama kali di  kembangkan dan masih tetap digunkan hingga saat ini.

Banyak orang yang mengira bahwa FTP itu tidak/kurang berperan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendownload dan mengupload file hanya menggunkan web biasa saja. Pernyataan diatas amatlah keliru, pada kenyataan teknis nya, ketika kita sedang melakukan proses download dan upload melalui sebuah website, tanpa sadar kita sebenarnya telah menggunakan protokol FTP.

Secara teknis, proses kerja dari FTP bisa dilihat pada gambar berikut:

ftp server, cara kerja ftp, pengertian, ftp , server
ftp server, cara kerja ftp, pengertian, ftp , server

(1) Membuat sebuah koneksi antara klien dan server
(2) Untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga
(3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

FTP Server sendiri dibagi atas dua jenis:
1) Public FTP : Biasa disebut Anonymous FTP yaitu FTP server yang mana mengizinkan siapapun untuk memperoleh (mengunduh) file-file yang terdapat pada FTP server tersebut.
2) Private FTP: yaitu FTP Server yang hanya mengizinkan orang-orang tertentu untuk mengakses file-file tersebut, biasanya menggunakan metode authentication untuk melindungi Private FTP.

linux-training1.bmp

9 thoughts on “Pengertian FTP Server”
  1. gan bukannya itu port 21 ya? defaultnya “Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual”, mungkin cuma buat koreksi aja kalo salah..

    1. Iya gan, klo setahu ane untuk membuka koneksi nya aja pakai port 21, tp setelah koneksi established ftp client akan buka port 20 buat transfer datanya, tp klo secara praktek ane jg blm memperhatikan banget di server port 20 nya bener2 kebuka saat transfer data atau ga, tp thanks gan atas sarannya

    2. klo untuk membuka koneksi ftp ke server nya pakai port 21 gan, tp klo udh transferring datanya pakai port 20, kalau di cek di /etc/ports.conf port 21 untuk ftp dan 20 untuk ftp-data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *