Knowledges

Pengertian LDAP dan Single Sign On

linux-training1.bmp

Biasanya jika kita mau Log in ke sebuah komputer baik yang memiliki OS Windows atau Linux, Username dan Password terletak pada komputer tersebut. Jika kita ingin membuka/login ke komputer , kita harus tahu username dan password komputer tersebut.

Tetapi sekarang (mungkin sudah lama) ada teknologi baru yang mana dengan satu username dan password, kita bisa login di komputer manapun selama komputernya terhubung dengan jaringan. Teknologi ini disebut dengan Single Sign-On.

MetodeĀ Single Sign On ini biasanya digunakan di perusahaan-perusahaan besar yang memiliki banyak user. UserĀ  bebas melakukan login di komputer manapun selama masih dalam cakupan perusahaan . Karena Username dan Password nya tersimpan di Server (Terpusat) sehingga komputer manapun yang telah join ke network perusahaan tersebut bisa digunakan oleh siapa saja.

Data-data userpun yang tersimpan di My Document, Desktop otomatis akan ter-synchrone di server . Sehingga data-data kita pun bisa terbawa di komputer manapun.

LDAP ( Lightweigh Directory Access Protocol) adalah sebuah layanan Single Sign-On yang banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan besar. Jika pada windows server dikenal dengan istilah Active Directory (AD). LDAP dan AD merupakan suatu hal yang sama, yaitu sama-sama melayani Single Sign-On. Akan tetapi Active Directory hanya bisa melayani komputer Windows. Untuk Komputer Linux kita menggunakan LDAP.

Beberapa Keuntungan dari penggunaan LDAP/AD :

– Penyimpanan Data lebih terpusat

– User bisa Login dikomputer mana saja dengan username dan password yang dia miliki

– Jika terjadi error pada komputer, user tidak kehilangan data-data di C:

– Sysadmin lebih mudah me-manage user-user dalam suatu perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait