Knowledges

Cara Kerja Mail Server

linux-training1.bmp

 

Mail server adalah server yang melayani permintaan email dari client. Mail server menyediakan layanan surat menyurat elektronik baik yang bersifat free seperti gmail,yahoo,aol , dan lain lain. Maupun yang berbayar seperti indo.net.id dan lain lain.

Hampir semua pengguna internet memiliki email, karena email merupakan kebutuhan pokok sebagai identitas pengguna ketika mereka menjelajahi dunia internet.

Pengguna email tidak hanya sebatas kalangan personal saja, kalangan corporate pun sangat membutuhkan keberadaan email untuk komunikasi dengan partner bisnis mereka. Jadi bisa di bilang email merupakan alat komunikasi wajib bagi pengguna internet.

Tapi apakah anda tahu bagaimana cara kerja email di internet? Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara kerja email server.

Sebelum saya jelaskan lebih lanjut, ada 3 service yang berjalan untuk membangun sebuah email server:

POP Server = Singkatan dari Post Office Protocol, yaitu sebuah server yang melayani permasalahan Login kita ke email server melalui native mail (thunderbird,outlook,eudora,evolution,dll). Jadi jika kita selalu menggunakan email melalui aplikasi-aplikasi tersebut, maka ketika kita ingin melakukan pengecekan email, otomatis aplikasi tersebut akan mengirimkan username dan password kita ke server POP. Dan server POP akan memproses login kita. Jika login kita benar maka semua email akan di download ke aplikasi tersebut. Jika login kita salah maka akan muncul notifikasi bahwa username dan password salah.

– IMAP Server = Singkatan dari Internet Mail Access Protocol, sebuah server yang melayani permasalahan Login kita ke email server melalui Webmail. Jadi jika kita sering mengakses email melalui browser seperti mail.yahoo.com, gmail.com dll maka kita akan menggunakan protocol IMAP. Ketika kita membuka gmail.com dan memasukkan username dan password, maka login kita tersebut akan dikirim ke IMAP server yang selanjutnya akan diproses. Jika login kita benar maka kita akan masuk ke halaman webmail kita. Jika login kita salah maka di web akan muncul notifikasi bahwa username/password kita salah.

– SMTP Server Singkatan dari Simple Mail Tranfer Protocol, yaitu sebuah server yang bertanggungjawab atas pengiriman email dari sender hingga sampai ke penerima. Jadi ketika kita membuat email di gmail dan hendak mengirim ke yahoo, saat mengklik Send, maka email tersebut akan di kirim oleh SMTP server gmail. Si SMTP gmail kita akan mencari keberadaan SMTP yahoo. Jika SMTP Yahoo ditemukan maka email kita akan dioper ke SMTP yahoo yang selanjutnya akan di tindaklanjuti oleh si server yahoo. Jika SMTP yahoo tidak ditemukan, maka email kita akan kembali ke inbox kita dengan notifikasi failed.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat skema berikut:

cara kerja mail server, cara, kerja, mail, server, pengertian mail server, pengertian pop3, pop3, pengertian imap, imap, pengertian webmail, webmail, bagaimana mail server bekerja, bagaimana, bekerja
cara kerja mail server, cara, kerja, mail, server, pengertian mail server, pengertian pop3, pop3, pengertian imap, imap, pengertian webmail, webmail, bagaimana mail server bekerja, bagaimana, bekerja

Dari gambar diatas kita bisa lihat bahwa :
A: Pengirim Mengirim email
B: Email sedang di Send
C: Email berjalan melalui Jaringan di perusahaan si pengirim
D: Email masuk ke SMTP server milik perusahaan si pengirim
E: Email di routingkan ke internet untuk mencapai SMTP penerima
F: Setelah sampai, Email kita di filter dahulu oleh firewall milik si penerima
G: Setelah lolos email masuk ke SMTP penerima
H: Akhirnya email kita akan di kirim ke si penerima

Sekian dari saya semoga bermanfaat untuk pembaca.

linux-training1.bmp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait