Linux Tips and Troubleshooting

Menggunakan Cron untuk Penjadwalan

linux-training1.bmp Pada tutorial kali ini, saya ingin membahas mengenai Cron.  Apa itu Cron? Cron adalah sebuah aplikasi bawaaan linux yang digunakan untuk melakukan penjadwalan tugas/perintah sehingga perintah/tugas tersebut bisa berjalan secara otomatis. Jadi misalnya kita ingin melakukan restart server pada jam 00:00 tengah malam, maka kita tidak perlu lagi bangun tengah malam dan me restart server nya secara manual.

Dengan adanya Cron ini, maka perintah untuk me restart server pun bisa dilakukan secara otomatis. Hampir semua distribusi linux sudah menyediakan fasilitas Cron. Biasanya cron diletakkan pada direktori /etc/crontab. Pada file inilah kita melakukan penulisan jadwal/perintah yang nantinya akan di eksekusi otomatis oleh sistem. Berikut adalah isi dari file /etc/crontab:

# /etc/crontab: system-wide crontab

# Unlike any other crontab you don’t have to run the `crontab’
# command to install the new version when you edit this file
# and files in /etc/cron.d. These files also have username fields,
# that none of the other crontabs do.
SHELL=/bin/sh
PATH=/usr/local/sbin:/usr/local/bin:/sbin:/bin:/usr/sbin:/usr/bin
#

Lalu harus diapakan baris-baris di atas? Tenang saja, baris-baris diatas tidak usah kita apa-apakan. Untuk menuliskan jadwal/tugas, kita tuliskan pada akhir baris. Berikut adalah format penulisan jadwal di crontab:

<minutes> <hour> <date> <month> <day> <user yang dipakai> <perintah yang akan dijalankan>

Ket: Minute = 0-59. Hour = 0-23 (24-hour format) Date = 1-31 (Date of the month) Month = 1-12 (Month of the year) Weekday = 0-6 (Day of the week. starts from sunday) * = Melambangkan bahwa dilakukan setiap saat.

Kasus 1: “Saya ingin melakukan restart server secara otomatis tiap hari pada pukul 22:00” Maka skrip cron nya seperti dibawah ini:

0     22     *     *      *     root    restart

Kasus 2: “Saya ingin meng-copy data yang ada di folder /home/ ke /media/hdd-external setiap hari Senin – Jumat jam 17:30” Maka skrip cron nya seperti dibawah ini:

30     17      *      *       1-5      root      cp /home/* /media/hdd-external/

Kasus 3: “Setiap tanggal 25 tiap bulan akan dilakukan restart layanan apache pada jam 23:50” Maka skrip cron nya seperti dibawah ini:

50    23    25     *     *     root      /etc/init.d/apache2 restart

Sekian tutorial dari saya tentang cron, semoga bermanfaat untuk pembaca dan keep share to each other

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait