Microsoft

Mengenal Windows Server 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuhu

Setelah beberapa lama, akhirnya saya memutuskan untuk membahas mengenai produk2 Microsoft yang berkaitan dengan Administrasi Sistem. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan administrasi sistem tidak hanya Linux, tapi ada juga Windows. Meskipun Out Of Topic tapi tetap menarik untuk dibahas.

Windows Server 2016 adalah sistem operasi server yang dikembangkan bersamaan dengan Windows 10. Pertama kali diterbitkan ke publik sebagai Release Technical Preview pada tanggal 1 oktober 2014 dan pada akhirnya benar-benar di Release pada tanggal 26 September 2016.

Dikarenakan pengembangannya bersamaan dengan Windows 10, maka tampilannya pun akan mirip sekali dengan Windows 10. Meskipun begitu, windows server 2016 tetap memiliki beberapa fitur yang lebih dibanding Windows 10.

Berikut adalah fitur-fitur nya:
1. ADFS (Active Directory Federation Service): Fitur yang memungkinkan untuk mengotentikasi pengguna yang disimpan pada Non-AD seperti LDAP dan SQL Database.
2. Storage Service: Fitur yang melayani Central Storage QoS Policies, Storage Replication, Replicate Snapshoot.
3.  IIS 10 : IIS (Internet Information Service) sudah mensupport HTTP/2
4. Powershell: Sudah mencapai versi 5.1
5. Failover Clustering: Memungkinkan untuk mensetup Failover dalam satu Cluster
6. Hyper-V: Ada banyak penambahan fitur pada Hyper-V di windows server 2016. Tapi saya juga belum mengexplore lebih jauh tentang Hyper-V nya.
7. Windows Server Container: Saya juga belum paham apa maksudnya, mungkinkah Windows akan dibuat versi Container nya seperti linux? 😀
Dan masih banyak lagi yang lainnya….

Tidak seperti Windows 2012 R2 sebelumnya, Windows Server 2016 bisa di download dan di install dalam mode Evaluation selama 180 days (sekitar 6 bulan). Ini merupakan periode terlama yang pernah diberikan oleh Microsoft. Karena biasa nya mode Evaluation (Trial) hanya sekitar 30-90 days.
Untuk penampakkan Windows Server 2016 silahkan melihat-lihat screenshot dibawah ini:

Sekian pengenalan Windows Server 2016, walaupun sedikit tetapi semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait