Linux Tips and Troubleshooting

Menjalankan aplikasi Windows di Linux menggunakan CrossOver Linux

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, kali ini saya akan sharing mengenai sebuah aplikasi yang bisa membuat hidup kita nyaman saat menggunakan Linux yaitu Cross Over Linux 17.

Cross Over Linux adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Windows di sistem operasi Linux. Karena pada hakekatnya aplikasi windows tidak akan bisa dijalankan di linux maupun sebaliknya. Extensi aplikasi nya pun berbeda, windows biasanya menggunakan .exe atau .msi, sedangkan linux umumnya menggunakan .deb, .rpm, .tgz, dan .sh.

 

 

Cross Over dibuat oleh sebuah perusahaan bernama CodeWeavers (codeweavers.com) dibawah naungan Jeremy White. Sebenarnya project yang pertama kali dibuat oleh CodeWeavers adalah WINE (1996). WINE adalah aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux. Seiring berkembangnya jaman, Jeremy melihat peluang yang besar pada aplikasi WINE tersebut. Akhirnya pada tahun 2001, CodeWeavers merilis aplikasi bernama CrossOver.

 

Jadi bisa dibilang CrossOver dibuat berdasarkan Wine. Tetapi ada beberapa kelebihan CrossOver dibanding Wine, yaitu kemudahannya. Jika kita pernah menggunakan Wine, terkadang ada aplikasi windows yang tidak bisa langsung dijalankan. Namun jika menggunakan CrossOver, developer nya menjamin kemudahan dalam penggunaannya.

 

CrossOver dirilis dalam 3 versi yaitu:
CrossOver 17 for Linux
CrossOver 17 for Mac
CrossOver 17 for ChromeOS

Jika ingin mencobanya, bisa menggunakan versi Trial nya sekitar 30 days. Atau jika suka, bisa langsung membelinya langsung. Tersedia lisensi nya berdasarkan versi, per tahun, dan lifetime.

Kali ini saya mendownload yang versi trial nya di link ini:
https://www.codeweavers.com/products/download_trial/download_links_linux

Panduan instalasi lengkapnya ada di link berikut:
https://www.codeweavers.com/support/wiki/linux/linuxtutorial/install

Berikut adalah hasil uji coba dari CrossOver 17 versi Linux nya:

– Tampilan awal dari aplikasi CrossOver 17
Tampilan awal dari aplikasi CrossOver 17

– Menjalankan aplikasi portable CCleaner

– Install Microsoft Office (gambar bukan dari percobaan ane, tapi nyari di google :P)

– Menjalankan Microsoft office 2013 (gambar bukan dari percobaan ane, tapi nyari di google :P)

Sekian pembahasan mengenai CrossOver 17. Bagi anda yang berminat, silahkan langsung saja membelinya melalui website resminya di https://www.codeweavers.com. Terimakasih telah mengunjungi blog saya dan semoga bermanfaat 🙂

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait