Linux Tips and Troubleshooting

Memunculkan Karakter Asteriks Password di Terminal

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, kali ini saya akan share mengenai bagaimana cara memunculkan Karakter Asteriks ketika kita mengetik sudo password. Mungkin hal ini hanya sekedar iseng-iseng berhadiah, namun dapat membantu ketika kita sedang mengetikkan password. Misalnya ketika password pada suatu PC/Server sangatlah panjang dan tidak bisa di copy-paste, lalu kita lupa sampai dimana mengetik passwordnya. Tentu akan merepotkan jika asteriks karakter nya tidak muncul. Yang ada kita akan menghapus semua dan mengulangnya dari awal.

Berbeda jika kita memunculkan karakter asteriks nya, kita bisa menerawang sampai dimana password nya telah dimasukkan. Sehingga akan menghemat waktu dan memudahkan pekerjaan kita.

Baik langsung saja kita ke prakteknya. Dalam praktek kali ini saya menggunakan Linux Mint 18.3. Namun jika anda menggunakan distro lain, seharusnya configurasinya akan sama.

1. Buka Terminal

2. Backup file sudoers (untuk jaga-jaga jika terjadi error)
# cp /etc/sudoers /etc/sudoers-backup

3. Edit file /etc/sudoers
# nano /etc/sudoers
—————————————
Defaults env_reset
menjadi
Defaults env_reset,pwfeedback
—————————————

4. Save dan Exit. Lalu coba lah close Terminal nya lalu buka kembali. Lalu coba ketikkan perintah apa saja menggunakan sudo. Maka akan muncul karakter asteriks seperti dibawah ini.

Oke sekian dari saya dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Silahkan untuk di share artikel ini dan membagikannya kepada teman-teman anda.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait