Linux Tips and Troubleshooting

Menggunakan Httrack untuk Mendownload Website

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Pada pembahasan kali ini saya akan sharing mengenai Httrack.

HTTrack adalah sebuah software yang berguna untuk mendownload website ke komputer kita. Dengan kata lain kita bisa mengakses website tersebut secara Offline tanpa perlu terhubung ke Internet. HTTrack ini bersifat Opensource, yang artinya kita bisa mendownload nya gratis di internet. Website resminya ada di http://www.httrack.com/.

HTTrack ini sangat berguna terutama untuk website-website yang berisi tutorial-tutorial. Jadi ketika ingin membaca/melihat tutorial tersebut, kita tidak perlu lagi membacanya secara online. Cukup download website nya dengan HTTrack dan membaca Offline.

Sebelum menginstall HTTrack, sangat disarankan anda untuk menginstall Xampp/Wampp untuk windows atau LAMPP untuk Linux. Dikarenakan kita membutuhkannya untuk mengakses website nya dari komputer kita atau komputer lain dalam satu network.

HTTrack bisa diakses melalui 2 cara, melalui Console dan Browser. Jika menggunakan Console maka paket yang diperlukan bernama httrack. Jika menggunakan Browser maka paket yang diperlukan bernama webhttrack.

Cara kerjanya kurang lebih sebagai berikut:
1. Buat Project baru (ex: website.com)
2. Download Website nya ke dalam Folder tempat dimana project tersebut dibuat.
3. Copy Folder tersebut ke directory web server kita.
4. Akses folder tersebut dari browser.

Langsung saja kita ke tahap instalasinya. Pada tutorial kali ini, saya menggunakan Laptop saya sendiri yaitu Linux Mint 18.3 dengan LAMPP sudah terinstall (Apache2, php 7, Mysql).

1. Install Paket HTTrack dan WebHTTrack
$ sudo apt-get install httrack webhtrack

Instalasi nya cukup seperti itu saja dan tidak ada konfigurasi tambahan lagi. Berikut adalah cara Penggunaannya menggunakan Browser.

2. Buka Terminal dan ketik perintah dibawah ini
$ webhttrack

3. Maka akan ada browser yang akan muncul seperti dibawah ini. Jangan di close browsernya karena akan kita gunakan untuk mendownload website. Klik Next untuk melanjutkan.

4. Isikan detailnya sebagai berikut lalu pilih Next

5. Lalu isikan url browser dan beberapa opsi tambahan (jika diperlukan). Jika website tersebut diakses menggunakan https, silahkan masukkan di URLĀ https. Karena jika tidak, website terkadang tidak mau terdownload. Jika sudah lalu klik Next.

6. Kemudian Klik Start untuk memulai proses Download.

7. Proses Download pun dimulai.

8. Tunggu proses download hingga Finish. Biasanya hal ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama terlebih jika website tersebut memiliki banyak artikel, pages, dan links.

9. Hasil download nya akan di simpan di folder /home/sabto/websites/<nama-website>. Untuk mengakses nya silahkan copy folder tersebut ke Document Root dari Xampp/Lampp anda.
$ sudo cp /home/sabto/websites/jkt48.com /var/www/html/ -R

10. Akses website tersebut dari browser anda.
http://localhost/jkt48.com

Untuk Httrack menggunakan console prosesnya kurang lebih sama dengan yang versi browser. Hanya saja tampilannya yang hanya hitam putih.

Sekian artikel mengenai Httrack dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk Share artikel ini supaya bermanfaat untuk orang banyak.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakutuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait