Linux Distro Review

Mengenal Endian Firewall

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, pada artikel kali ini saya akan sedikit share mengenai Endian Firewall.

Endian Firewall adalah Distro Linux yang berguna sebagai Firewall, Router, dan Any security application. Project ini pertama kali dikembangkan di Italy dengan mengadopsi distro IPCop. Namun seiring perkembangannya, akhirnya hanya 1/5 saja yang masih mengadopsi dari IPCop, selebihnya merupakan pengembangan sendiri.

Endian Firewall sendiri memiliki fungsi networking seperti Firewall, Router, Load Balancing, Nat, VPN, DHCP Server, Content Filtering, dll. Distro ini sangat cocok bagi anda yang ingin memiliki Server/Appliance dengan fitur networking yang lengkap.

Ada beberapa versi yang di keluarkan oleh Endian:
1. Endian Firewall Community (EFW): Versi Opensource dari Endian. Berbentuk ISO file dan bisa diunduh gratis dari website Endian Community nya. Versi ini bisa langsung di install di PC/Server. Dikarenakan versi gratisan, maka fitur-fitur yang didapat terbatas dan tidak sebanyak yang versi Professional nya.
2. Endian UTM Professional: Versi commercial dari Endian. Pada versi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding versi Community. Endian sendiri menyediakan beberapa jenis dari Endian UTM Pro.
– Virtual Appliance: Endian berbentuk Appliance namun di hosted oleh Endian nya. Bisa dibilang seperti VPS tapi berisi Endian Firewall.
– Software Appliance: Endian berbentuk ISO. Versi nya hampir mirip dengan yang yang versi Community, hanya saja fitur-fitur nya diperbanyak.
– Hardware Appliance: Endian berbentuk Appliance. Jadi kita membeli Endian beserta hardware nya. Hardware nya mirip-mirip seperti Server berukuran 1U. Sehingga memudahkan kita untuk di attach di Rack Server.

Untuk daftar Features dan Perbandingan dari keempat versi diatas, silahkan refer ke gambar berikut:

Endian pun sudah menyiapkan Documentation nya di link berikut:
https://www.endian.com/support/documentation/
Namun saya sudah mencari-cari versi PDF nya, tetapi tidak ketemu. Jadi jika ingin tahu bagaimana cara pengoperasian Endian, bisa merujuk kelink berikut.

Saya sudah mencoba menginstall dan menjelajahi Endian Firewall ini dan berikut adalah penampakannya:
1. Endian from Console

2. Endian from Web UI

Sekian artikel mengenai Endian Firewall dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk share artikel ini supaya bermanfaat untuk orang banyak 🙂

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Source:
– https://www.endian.com
– https://en.wikipedia.org/wiki/Endian_Firewall

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait