Microsoft

Memilih Windows Sebagai Server

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, kali ini saya mau share mengenai kenapa kita memilih menggunakan Windows sebagai operating system Server.

Langsung aja berikut adalah beberapa alasan yang membuat kita menggunakan Windows untuk keseharian kita:

1. OS sejuta umat
Windows merupakan Operating System yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hampir setiap Laptop/PC yang dijual di pasaran dibundling dengan OS Windows. Semenjak kecil pun ketika kita ingin mempelajari komputer, pasti diajarkan menggunakan Windows. Sehingga hal itu menjadi mindset dan membuat komputer/laptop selalu identik dengan Operating System Windows.

2. Kemudahan dalam penggunaan
Menggunakan dan mengoperasikan Windows server relatif mudah (untuk sekelas server). Mulai dari instalasi, deploy, maintenance, hingga troubleshoot. Karena Microsoft ingin menciptakan Operating System yang Ramah pengguna. Tutorial nya pun bertebaran banyak di Internet. Hampir semua kebutuhan server bisa dilakukan dan diakses melalui Grafis. Meskipun ada kalanya kita akan menggunakan PowerShell.

3. Dukungan Hardware dan Software
Hampir semua hardware dan software yang ada pasti akan mensupport operating system windows. Mulai dari storage, PCE, Ethernet, hingga ke perangkat lunak seperti SAP, Oracle Database, SQL server, Mailenable, dan lain sebagainya. Menurut saya, hal tersebut bisa terjadi karena Windows merupakan OS sejuta umat. Karena banyak yang memakai, maka para vendor pun membuat kompatibilitas dengan windows.

4. Official Support 24/7
Jika kita menggunakan produk Windows Server yang original, maka pasti kita akan mendapat dukungan teknis 24jam 7hari langsung dari Microsoft nya. Sehingga ketika menemui masalah di server kita di sisi OS nya, maka kita bisa langsung menghubungi Windows Support nya dan mereka akan siap membantu.

5. Source code yang tertutup
Source Code dari OS Windows Server merupakan aset yang berharga dan sangat rahasia yang dijaga oleh pihak Microsoft. Source code nya tidak dipublikasikan secara umum seperti Linux. Karena Source Code nya yang tertutup, maka tidak mudah untuk mencari celah keamanan di Windows Server. Ya meskipun pada kenyataannya ada saja yang berhasil menemukan celahnya.

Mungkin sekian beberapa faktor yang membuat kita memilih Windows sebagai Operating system server. Jangan lupa untuk Share artikel ini supaya bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait