Microsoft

Daftar Mail Server Yang Berjalan Di Windows

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai Mail Server apa saja yang bisa berjalan di Windows Server.

Email merupakan kebutuhan yang paling utama ketika kita akan menjalankan sebuah Bisnis. Karena komunikasi akan lebih formal dan nyaman menggunakan Email. Ada beberapa Hosting provider yang menyewakan layanan hosting email. Mulai dari Email hosting yang bersifat shared maupun yang bersifat dedicated.

Namun jika anda memiliki windows server sendiri dan ingin memiliki email hosting di server anda, ada beberapa email provider yang menyediakan layanan Email Server untuk Windows Server. Berikut adalah daftar product email server yang bisa berjalan di Windows

1. Microsoft Exchange Server
Sesuai namanya, produk yang satu ini merupakan produk mail server bawaan dari Microsoft. Karena bawaan dari Microsoft, maka semua fitur-fitur nya sangat kompatibel dan terintegrasi dengan produk-produk microsoft lainnya. Mulai dari support ke Windows Server nya, Outlook, Active Directory, hingga ke Active Sync nya. Exchange Server ini sangat cocok untuk anda yang ingin memiliki Mail server Enterprise yang terintegrasi dengan device-device yang mayoritas menggunakan Windows.

Lisensi Exchange Server terdiri dari 2 tipe, yaitu Standard License dan Enterprise License. Jika standard License hanya mensupport hingga 5 database Mailboxes, sedangkan yang Enterprise License bisa mensupport hingga 100 database Mailboxes. Kita bisa mencoba versi Trial nya hingga 180 days.
Web: https://products.office.com/en-US/exchange/microsoft-exchange-server-2016

 

2. Zimbra Email Collaboration Software

Zimbra adalah salah satu produk email server legendaris yang masih exist hingga saat ini. Email server ini sekarang telah di kelola oleh perusahaan bernama Synacor (https://www.synacor.com). Zimbra merupakan Mail Server yang berjalan di multiplatform seperti Windows dan Linux. Kemudahan dalam instalasi, management, serta maintenance, membuat Zimbra menjadi salah satu Mail Server favorit.

Zimbra menyediakan 2 versi, yaitu Zimbra Collaboration Open Source (Free) dan Zimbra Collaboration Network Edition (Berbayar). Selain itu ZImbra juga menyediakan addon tambahan seperti Zimbra Desktop, Zimbra Connection for outlook, Zimbra Migration tool, dll.

Produk Zimbra Collaboration Network Edition (yang berbayar) bisa di dapat dalam 2 mode, yaitu On-Premises dan Cloud. On-Premises artinya Zimbra di install di server anda sendiri dan di maintenance oleh kita sendiri. Sedangkan Cloud artinya Zimbra di install di server nya Zimbra langsung.
Web: https://www.zimbra.com

 

3. IceWarp Mail Server

IceWarp Mail Server mungkin jarang kita dengar. Tapi IceWarp merupakan Mail server enterprise yang bisa dibilang cukup bagus dengan harga yang terjangkau. IceWarp sendiri didirikan pertama kali di Czech pada sekitar tahun 1999an. Saat itu produknya bernama Merak Mail Server. Namanya berubah menjadi IceWarp pada tahun 2001. IceWarp terus dikembangkan hingga saat ini.

Berbeda dengan Zimbra, IceWarp tidak memiliki versi Free nya. Namun tetap memiliki versi Trial nya sekitar 30 – 90days. IceWarp tersedia dalam 2 versi yaitu IceWarp yang di hosted di server kita sendiri dan IceWarp yang di hosted di Cloud. Jika kita memiliki server sendiri maka versi yang pertama akan sangat cocok digunakan. Tersedia versi Windows dan Linux untuk installer IceWarp. Selain itu IceWarp juga memiliki addons tambahan seperti Migration Tools, IceWarp Desktop, FileSync, Team Chat, outlook Sync, dll.
Web: https://www.icewarp.com/

 

4. SmarterMail
Smartermail adalah salah satu produk keluaran SmarterTools (https://www.smartertools.com) yang merupakan produk tandingan dari Exchange Server. Bahkan di website nya SmarterMail menuliskan “The Ultimate Microsoft Exchange Alternative”. Dari statement tersebut berarti Smartermail mampu menyaingi (atau minimal menyamakan) dengan Exchange Server baik dari sisi Fitur, kompatibilitas, dan kemudahan.

Tidak seperti Zimbra dan IceWarp, SmarterMail tidak menyediakan addons tambahan sehingga difungsikan benar-benar untuk Mail Server saja. Namun Smartermail tetap memiliki fitur-fitur lain seperti Team Workspace, Group Chat, Devices Sync, dan Resource Sharing.

Kabar bahagianya SmarterMail menyediakan 2 versi yaitu versi Free dan Berbayar. Jika versi Free hanya bisa hosted 1 Domain dan 10 Users saja, sedangkan versi Berbayar bisa hosted lebih dari 1 domains dan unlimited users. Smartermail ini dikhususkan untuk Platform Windows Server saja.
Web: https://www.smartertools.com/smartermail/business-email-server

 

5. MailEnable

MailEnable merupakan produk dari perusahaan Mailenable Pty Ltd yang berlokasi di Melbourne, Australia. Mailenable fokus untuk membuat Mail Server untuk kebutuhan Messaging dan Communication.

Mailenable tidak tersedia dalam bentuk Cloud, artinya dia hanya menyediakan versi On-Premises nya. Terdapat 4 versi dari Mailenable yaitu Standard Edition, Professional Edition, Enterprise Edition, dan yang paling mahal adalah Enterprise Premium.

Namun sangat disayangkan, Mailenable ini tidak mensupport Active Sync. Tapi ada alternative lain yaitu MAPI. MAPI adalah protocol sejenis Active Sync yang khusus disediakan oleh mailenable untuk pengguna Outlook. Tetapi sesuai dengan pengalaman saya, MAPI ini tidak sebaik dan sebagus Active Sync. Terkadang Sync nya suka error dan hang.
Web: https://www.mailenable.com/

Sebenarnya ada lagi beberapa Mail Server yang berjalan di environment Windows Seperti MDaemon, Mailsite, dll. Anda bisa googling mengenai detail dari produk-produk tersebut.

Sekian pembahasan mengenai Mail Server untuk Windows, semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk Share Artikel ini ke teman-teman anda supaya bermanfaat untuk banyak orang. Silahkan untuk comment dibawah jika ingin berdiskusi mengenai Artikel ini.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait