Linux Tips and Troubleshooting

Memunculkan Tanggal Di History Command Linux

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara memunculkan tanggal dan jam di history command linux.

history adalah perintah yang bisa memunculkan list dari command-command apa saja yang pernah kita jalankan di server tersebut. Sehingga kita bisa mengetahui, command/perintah apa sajakah yang kita pernah jalankan dari awal server terbuat hingga sekarang. Namun pada settingan default nya, Linux tidak menginformasikan kapan perintah/command tersebut dijalankan.

Hal tersebut akan menyulitkan kita terutama jika kita ingin melakukan investigasi di server.

Tapi ada solusi yang bisa kita lakukan supaya Tanggal dan Jam bisa muncul saat kita mengetikkan perintah history. Berikut adalah caranya:

1. Login ke Server kita menggunakan SSH. Jika menggunakan Linux Desktop, anda bisa membuka aplikasi yang bernama Terminal.

2. Ketikkan perintah berikut:
echo ‘export HISTTIMEFORMAT=”%d/%m/%y %T “‘ >> ~/.bashrc
source ~/.bashrc

3. Setelah itu coba untuk ketikkan command history. Maka jam dan tanggal pun akan muncul.

Maka kedepannya setiap command-command yang kita jalankan di server, akan ter-record jam dan tanggalnya. Sehingga memudahkan kita untuk men-trace back kembali history command di server.

Sekian artikel mengenai Memunculkan Tanggal Di History Command Linux. Silahkan untuk comment dibawah untuk diskusi. Jangan lupa untuk Share artikel ini supaya bisa bermanfaat untuk orang banyak 🙂

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait