Microsoft

Install Plesk Onyx di Windows

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Install Plesk Onyx di Windows Server. Bagi yang belum tahu tentang Plesk, kamu bisa membaca artikel berikut:
Mengenal Plesk Control Panel

Skema yang saya gunakan pada pembahasan kali ini adalah sebagai berikut:
– OS: Windows Server 2012 R2
– Hostname: ayana.sabto.id
– IP: 192.168.0.48/24
– Plesk Version : Plesk Onyx 17.8

Oke langung saja kita mulai untuk instalasinya.

1. Install Windows Server 2012 R2 dan setup IP serta Hostname nya. Cara instalasinya bisa ke link berikut: https://sabtoxandros.wordpress.com/2017/09/03/install-windows-server-2012-r2/

2. Setelah itu download installer Plesk dengan cara mengakses link dibawah ini dari Browser server:
http://autoinstall-win.pp.parallels.com/plesk-installer.exe

3. Maka nanti akan ada file yang terdownload bernama plesk-installer.exe

4. Setelah itu klik 2x pada file tersebut untuk memulai instalasi. Jika ada security Warning bisa di Yes saja. Maka akan muncul tampilan box command prompt dan tak lama kemudian akan terbuka browser dengan tampilan seperti dibawah ini

5. Isikan password Administrator anda dan kemudian klik Log In.

6. Setelah login akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian Pilih Install or Upgrade Product

7. Tick pada bagian Plesk nya dan pilih version Plesk sesuai yang anda inginkan. Saya sarankan untuk pilih version yang ada tulisan Stable di belakangnya. Karena jika stable berarti versi tersebut sudah bisa digunakan untuk production.

8. Tunggu beberapa saat maka browser akan redirect ke halaman di bawah ini. Pilih installation type nya Recommended dan juga tick opsi Preview Components Selection. Klik Continue untuk melanjutkan.

9. Halaman selanjutnya akan memunculkan list dari paket-paket yang akan diinstall. Kamu bisa adjust sesuai dengan keinginan. Jika sudah semua langsung klik Continue.

10. Pada opsi selanjutnya, kita akan diminta password untuk login ke Plesk Admin nya. Silahkan diisi password nya dengan Strong Password dan jangan sampai lupa.

11. Instalasi pun dimulai dan akan membutuhkan waktu beberapa puluh menit. Jadi bisa ditinggal ngaso dulu 😀

12. Setelah instalasi selesai akan muncul tampilan dibawah ini. Pilih OK untuk melanjutkan.

13. Kamu bisa akses Plesk nya menggunakan alamat https://ip-server:8443. Pada percobaan ini saya menggunakan https://192.168.0.48:8443. Jika muncul Security Warning, anda bisa accept saja.

14. Halaman login Plesk akan muncul. Kamu bisa login menggunakan username admin dan password sesuai yang di set di langkah nomor 10.

15. Setelah itu akan muncul halaman yang meminta kita untuk mengisi Contact Information. Kamu bisa isi sesuai dengan data diri.  Lalu pada bagian License, sementara bisa pilih Proceed with a full-featured trial license. Lalu klik Enter Plesk.

16. Plesk Onyx pun sudah selesai terinstall dan siap untuk digunakan

Sekian pembahasan mengenai Install Plesk Onyx di Windows Server. Semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk share artikel ini supaya bermanfaat untuk orang banyak. Bagi yang mau berdiskusi silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait