Linux Tips and Troubleshooting

Error Grub Rescue Mode di Linux

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

halo gan, setelah sekian lama tidak nulis, alhamdulillah akhirnya bisa nulis lagi 🙂 . Kali ini saya akan membahas mengenai Error Grub Rescue Mode di Linux.

Ada salah satu permasalahan yang terkadang terjadi di linux, yaitu Grub Rescue Mode. Masalah ini mengakibatkan kita tidak bisa masuk ke sistem linux kita. Meskipun sudah dicoba untuk di restart beberapa kali, namun tetap saja error tersebut akan muncul.

Error Grub Rescue Mode ini terjadi karena beberapa hal, bisa karena ada salah satu file Grub nya yang hilang/terhapus atau mungkin Grub nya corrupt ketika kita melakukan update. Tentu hal ini sangat membingungkan. Namun tenang, data-data anda sebenarnya masih aman tersimpan.

Solusi mengenai permasalahan ini adalah sebagai berikut:

1. Nyalakan komputer/laptop seperti biasa lalu boot lah ke sistem operasi linux anda. Maka Anda akan dihadapi dengan “Command Prompt” dari Grub Rescue Mode nya.
grub>

2. Kemudian coba anda ketikkan perintah berikut:
> ls

3. Maka akan muncul tampilan kurang lebih seperti dibawah ini. Tampilan tersebut merupakan tampilan dari daftar partisi yang ada di komputer/laptop kita. Biasanya tampilannya akan berbeda tiap komputer namun prinsipnya sama.
(hd0) (hd0,msdos1) (hd1,msdos5) (hd1)

4. Disini kita akan mencoba untuk masuk ke partisi sistem linux kita. Namun karena kita juga tidak tahu partisi mana yang ada linux nya, maka kita harus mencoba-coba nya satu per satu menggunakan perintah berikut:
> set prefix=(hd0,msdos1)/boot/grub
> set root=(hd0,msdos1)
> insmod normal
> normal

5. Jika tebakan kita tepat, maka anda akan langung masuk ke sistem linux anda. Namun jika muncul error lain, berarti anda harus mencoba langkah nomor 4 di partisi lain :D.

6. Setelah masuk ke sistem linux anda, untuk membetulkan error tersebut, maka anda harus mengupdate Grub nya.
# update-grub
# grub-install /dev/sda (depend on system)

Sekian tutorial mengenai Error Grub Rescue Mode di Linux. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini supaya bisa bermanfaat untuk orang banyak. Silahkan comment di kolom komentar untuk berdiskusi.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait