Linux

Error NMI Watchdog : BUG : soft lockup #CPU0 stuck for 50s

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, kali ini saya akan sharing mengenai Error yang muncul ketika kita ingin install atau booting ke Linux, yaitu error NMI Watchdog : BUG : soft lockup #CPU0 stuck for 50s. Beberapa minggu kemarin, saya mencoba menginstall Linux Mint 19 di laptop saya. Namun ketika booting dari Live CD nya, muncul error seperti dibawah ini:

NMI Watchdog : BUG : soft lockup #CPU0 stuck for 50s!

Issue
Permasalahannya adalah ketika kita ingin masuk ke sistem linux kita, baik dari Live CD  ataupun setelah upgrade ke versi yang baru, muncul error berikut NMI Watchdog : BUG : soft lockup #CPU0 stuck for 50s. Sehingga kita tidak masuk ke system linux karena error tersebut membuat screen kita stuck.

Caused
Hal ini di sebabkan karena driver Nvidia bawaan distro linux tersebut tidak support dengan hardware Nvidia bawaan laptop kita. Karena error tersebut hanya muncul pada laptop/komputer yang menggunakan Graphic Card Nvidia. Kebanyakan driver Nvidia bawaan Distro linux saat ini menggunakan driver Nouveau. Nouveau adalah driver nvidia yang dibuat oleh komunitas dan bukan official dari Nvidia Corp. Entah kenapa driver Nouveau tersebut tidak mensupport hardware Nvidia komputer kita.

Solution
Supaya kita tetap bisa booting ke system dan menggunakan distro linux tersebut, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
1. Masukkan DVD linux dan booting ke DVD seperti biasa
2. Maka kamu akan dihadapkan dengan pilihan seperti dibawah ini:

3. Setelah itu jangan langsung kita [Enter]. Kamu harus edit opsi tersebut. Tiap distro linux berbeda-beda cara editnya. Jika di ubuntu kita ketik F6, di linux mint ketik [Tab], di Fedora ketik ‘E’, dsb. Jadi intinya kita harus mengedit opsi tersebut

4. Selanjutnya akan dihadapkan dengan prompt seperti dibawah ini. Carilah baris yang di depannya ada tulisan linux /boot/vmlinux ……..

5. Jika sudah ketemu baris tersebut, kamu bisa mengarahkan kursor nya ke paling belakang (akhir command) dan tambahkan kata-kata berikut:
nouveau.modeset=0

6. Opsi diatas berguna untuk men-disable Driver Nouveau nya. Setelah itu kamu bisa mencoba untuk masuk ke system nya. Tiap distro juga berbeda-beda cara masuknya. Namun biasanya dijabarkan dibawah screen.

7. Setelah itu, kamu akan bisa masuk ke system linux dengan normal.

8. Untuk menghindari error tersebut terulang kembali, kamu harus menginstall driver proprietary (official) dari Nvidia Corp. Caranya adalah kamu bisa mencari menu Additional Driver, Proprietary Driver, Driver Manageer atau sejenisnya.

9. Setelah ketemu, kamu bisa ganti driver nya dari Noveau ke Nvidia-xxx.

10. Jika sudah selesai install, kamu harus reboot laptop/komputer nya supaya perubahannya bisa di apply.

11. Maka booting yang selanjutnya tidak akan muncul error yang sama dan kamu sudah menggunakan Driver Nvidia Official.

Sekian pembahasan mengenai NMI Watchdog : BUG : soft lockup #CPU0 stuck for 50s dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk share ke teman-teman yang membutuhkan supaya bisa bermanfaat untuk banyak orang 🙂

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait