Linux

Mount Partisi NTFS di Linux Otomatis

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, pada kesempatan kali ini saya ingin sharing mengenai Cara Mount partisi NTFS di Linux secara Otomatis. Pada dasarnya, partisi NTFS dan FAT (yang notabane nya adalah milik windows) tidak dapat di mount/baca di system linux. Namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan, distro-distro linux saat ini sudah bisa membaca partisi NTFS dan FAT. Namun yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara kita untuk me-mounting partisi NTFS di Linux. Sehingga ketika kita menyalakan laptop/komputer, maka partisi tersebut bisa langsung ter-mount dan terdeteksi.

Pada semua distro linux tidak menyediakan fitur untuk mount partisi NTFS secara otomatis ketika komputer dinyalakan. Tetapi kita bisa mengakalinya dengan cara berikut:

1. Buka Terminal (linux command line)

2. Kemudian ketikkan perintah berikut untuk mendeteksi partisi-partisi yang ada di komputer
blkid

3. Dari hasil diatas, ada 7 partisi di komputer kita. Setelah di telaah, partisi NTFS yang berisi data-data ada pada partisi /dev/sda6 dengan UUID=”FE20D3EB20D3A943″.
/dev/sda6: LABEL=”Data” UUID=”FE20D3EB20D3A943″ TYPE=”ntfs” PARTLABEL=”Basic data partition” PARTUUID=”f63c3dcf-8a68-4650-a15e-d56aef2373ee”

4. Setelah kita tahu posisi partisi data kita, maka selanjutnya kita edit file /etc/fstab
nano /etc/fstab

5. Lalu tambahkann baris berikut di paling akhir file tersebut
UUID=FE20D3EB20D3A943    /media/Data    ntfs     defaults      1   2

6. Save file nya lalu restart komputer. Maka setelah login, partisi data kita sudah otomatis termount.

Sekian pembahasan mengenai NMI Watchdog : BUG : soft lockup #CPU0 stuck for 50s dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk share ke teman-teman yang membutuhkan supaya bisa bermanfaat untuk banyak orang 🙂

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait