Virtualization Windows

Daftar Microsoft Azure menggunakan Jenius Debit

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai Bagaimana Cara Mendaftar Microsoft Azure menggunakan Jenius Debit card. Namun sebelum masuk ke bagian bagaimana cara mendaftar Microsoft Azure menggunakan Jenius card, alangkah baiknya kita mengnenal terlebih dahulu apakah Microsoft Azure itu.

Microsoft Azure adalah sebuah Cloud Computing Service yang disediakan oleh Microsoft yang berguna untuk membantu kita untuk membuild, testing, deploying, dan implementasi aplikasi/service.

Dengan kata lain,  Microsoft Azure adalah sebuah Cloud Computing Service yang membantu kita untuk menciptakan sebuah environment/system khusus untuk aplikasi yang kita buat sendiri. Dengan lengkapnya feature yang di tawarkan dari Microsoft Azure, maka aplikasi/service kita akan dapat berjalan dengan mudah. Kita bisa menciptakan environment sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh aplikasi/service kita, mulai dari sisi Server yang digunakan, Private Network, hingga Load Balancer tersedia di Microsoft Azure.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai feature-feature dari Microsoft Azure, ada baiknya kita mendaftar terlebih dahulu ke layanan Microsoft Azure. Jika dilihat dari website resminya, kebetulan MIcrosoft Azure sedang mengadakan Free-Trial selama 12 Bulan untuk pelanggan baru. Namun sebenarnya tidak full 12 Bulan, tetapi Microsoft Azure memberikan Credit/Deposit ke account kita sebesar 2,7juta – 3.1juta rupiah. Nantinya deposit tersebut bisa kita gunakan untuk berlangganan service-service yang ada di dalam Azure.

Langsung saja, berikut adalah Cara Daftar Microsoft Azure menggunakan Jenius Debit.

1. Pastikan bahwa anda telah mendaftar dan memiliki Kartu Debit Jenius terlebih dahulu. Bagi anda yang belum punya, anda bisa cek link dibawah ini untuk cara pendaftaran Jenius nya.
https://www.jenius.com/getjenius

2. Setelah memiliki Jenius Debit nya, anda bisa Top-Up ke kartu Jenius nya senilau USD 1 atau sekitar IDR 14.300. Hal ini diperlukan karena nanti ketika mendaftar account Microsoft Azure, kita akan di minta Deposit sebesar USD 1 dan nantinya akan dikembalikan setelah 3x24jam. Berikut cara topup saldo Jenius.
https://www.jenius.com/faq/isi-saldo-jenius/#Menambahkan%20Dana%20ke%20Akun%20Jenius%09

3. Memilki Email Account Microsoft (Hotmail, live, dsb). Jika belum punya, anda bisa mendaftarnya melalui link berikut
https://signup.live.com

4. Setelah memiliki Debit Jenius dan akun Email Microsoft nya, anda bisa mengunjungi link dibawah ini untuk mendaftar ke Microsoft Azure. Kemudian pilih “Mulai Gratis”
https://azure.microsoft.com/id-id/free/

5. Kemudian pada tahapan ini kita diminta untuk Login menggunakan account Email Microsoft kita. SIlahkan masukkan username dan password untuk login ke account Microsoft anda.

6. Pada tahap selanjutnya, isi Biodata yang sesuai dengan data diri anda. Terutama dibagian Phone, karena tahap selanjutnya akan melakukan verifikasi menggunakan nomor telepon.

7. Tahap selanjutnya, pilih metode yang akan digunakan untuk mem-verifikasi data anda. Saya sarankan gunakan SMS karena akan lebih mudah. Klik “Text Me” maka SMS akan segera dikirimkan ke nomor anda. Lalu masukkan kode yang ada di SMS tersebut ke bagian Verification Code.

8. Kemudian tahapan selanjutnya, anda diminta mengisi Credit Card anda. Dalam hal ini kita menggunakan Jenius Debit card. Isi kan biodatanya sesuai dengan yang ada di kartu anda.
– Cardholder Name: Nama anda yang tertera di Kartu Jenius.
– Card Number: Nomor kartu anda yang tertera di Kartu Jenius
– Expires: Tanggal Expire dari kartu anda yang tertera di Kartu Jenius
– CVV: 3 digit nomor yang tertera di belakang Kartu Jenius
– Address, City, State, Postal Code, Country: Di isi sesuai dengan identitas anda

9. Setelah itu, Microsoft akan langsung menarik Deposit kita sebesar USD 1. Namun tenang, saldo nya akan dikembalikan setelah 3x24jam. Lalu tahap selanjutnya adalah license agreement. Kita langsung Agree kan saja.

10. Maka Registrasi selesai dan anda akan masuk ke Halaman Utama dari Microsoft Azure nya.

Mengenai Bagaimana Cara Penggunaan dan Membuat Virtual Machine di Microsoft Azure, akan dibahas pada link berikut:
https://solusiserver.com/2019/03/membuat-virtual-machine-menggunakan-microsoft-azure/

Sekian pembahasan mengenai Cara Daftar Microsoft Azure menggunakan Jenius Debit dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk share ke teman-teman yang membutuhkan supaya bisa bermanfaat untuk banyak orang 🙂

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait