Windows

Membuat Virtual Machine Menggunakan Microsoft Azure

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan pada kesempatan kali ini saya ingin sharing mengenai bagaimana cara  Membuat Virtual Machine Menggunakan Microsoft Azure. Namun sebelumnya bagi yang belum membuat account di Microsoft Azure, bisa mengunjungi link berikut:

Daftar Microsoft Azure menggunakan Jenius Debit

Langsung saja kita mulai cara membuat Virtual Machine di Microsoft Azure

1. Login ke Portal Azure anda (https://portal.azure.com)
2. Setelah login, anda bisa klik menu Virtual Machine yang terleteak di sidebar sebelah kiri.

3. Kemudian akan muncul halaman seperti dibawah ini. Klik Add untuk membuat virtual machine baru.

4. Pada tahap pertama yaitu Basic, kita isikan informasi umum mengenai VPS yang akan kita buat seperti  hostname, image (os), dll. Pada bagian Resource Group, jika belum muncul apa-apa anda bisa membuat nya terlebih dahulu. Jika sudah diisi semua kita klik Next : Disk

5. Bagian kedua adalah Disks. Pada bagian ini kita akan menentukan berapa ukuran storage yang akan di gunakan di Virtual Machine kita . Di sini bebas dimasukkan berapa saja. Namun jika anda memilih Windows sebagai OS nya, anda harus men-set storage lebih dari 25GB. Klik pada menu Create and Attach New Disk untuk mengeset Storage nya.

6. Kemudian tahap selanjutnya adalah Network Interface. Di tahap ini biarkan di default saja opsi-opsi nya.

7. Tahap selanjutnya adalah Management. Di tahap ini anda bisa memilih apakah Virtual Machine tersebut ingin memiliki Backup, apakah VM nya nanti ingin di buat autoshutdown, dan sebagainya. Opsi tersebut bisa di atur tergantung pada keinginan anda.

8. Selanjutnya ada tahap Advance. Tahap ini tidak memuat banyak opsi, jadi anda bisa ignore dan langsung ke next step.

9. Kemudian tahap selanjutnya adalah Tag. Saya belum paham betul mengenai opsi Tag ini. Namun sepertinya ini berkaitan dengan penamaan (label) untuk VM kita. Untuk sementara bisa di ignore saja.


10. Tahap terakhir adalah Review. Ini adalah tahap terakhir untuk membuat Virtual Machince. Pada halaman tersebut akan muncul Summary dari langkah-langkah sebelumnya. Jika sudah setuju bisa langsung klik OK untuk memprosesnya.

Setelah itu Microsoft Azure akan men-deploy Virtual Machine kita. Biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 10-20 menit. Setelah selesai maka akan muncul notifikasi bahwa proses deploy VM nya sudah selesai. Nanti anda bisa klik Virtual Machine nya dan akan muncul login detail nya seperti IP, username, password.

Sekian pembahasan mengenai Membuat Virtual Machine Menggunakan Microsoft Azure dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk share ke teman-teman yang membutuhkan supaya bisa bermanfaat untuk banyak orang ?

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Artikel Terkait