Linux

Pilih Distro Debian based atau Redhat based?

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, “Pilih Debian atau Redhat ?” merupakan topik yang cukup banyak di tanyakan bagi kita yang ingin terjun ke dunia Linux. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai apakah perbedaan antara Linux berbasis Debian dan Redhat. Dan juga lebih baik Pilih Distro Debian based atau Redhat based. Baik langsung saja kita ke pembahasannya.

A. Debian-Based Distribution

Debian Based distribution adalah Distro atau OS Linux yang di adaptasi dari Distro Debian atau pun Turunannya. Setiap distro linux berbasis debian memiliki banyak persamaan dari sisi packages, administrasi, dan cara kerja nya system nya. Distro yang dibuat menggunakan Debian-based memiliki pemaketan yang sama yaitu .deb dan management aplikasi nya menggunakan APT.

Berikut adalah contoh Distribusi yang langsung mengadaptasi dari Debian:
– Ubuntu (https://www.ubuntu.com)
– Kanotix (https://kanotix.com/)
– Deepin (https://www.deepin.org/en/)
– Kali Linux (https://www.kali.org/)
dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut adalah contoh Distribusi yang diadaptasi dari turunan Debian:
– Linux Mint (https://www.linuxmint.com/)
– Elementary OS (https://elementary.io/id/)
– Zorin OS (https://zorinos.com/)
– Peppermint Linux (https://peppermintos.com/)
dan masih banyak lagi yang lainnya.

Biasanya distro linux turunan debian lebih banyak digunakan sebagai Desktop atau End User ketimbang Server. Hal ini dikarenakan banyak distribusi linux dari debian-based yang lebih ramah pengguna, aplikasi selalu ter-up-to-date, dan juga lebih mudah digunakan. Misalnya saja Linux Mint dan Ubuntu yang merupakan salah satu Linux Desktop yang paling populer dan banyak di gunakan di End-User. Tampilannya yang menarik, memiliki kompatibilitas yang bagus di banyak hardware, komunitas nya yang banyak, serta banyaknya tutorial yang dapat membantu dalam penggunaan distro tersebut. Bagi saya pribadi, saya sangat menyarankan untuk menggunakan distro-distro debian dased ini sebagai Desktop/EndUser.

B. Redhat-Based Distribution

Redhat-based distirbution adalah Distro atau OSlinux yang pembuatannya mengadaptasi dari Redhat dan turunannya. Setiap distro linux berbasis redhat memiliki banyak persamaan dari sisi packages, administrasi, dan cara kerja system nya. Distro yang dibuat menggunakan Redhat-based memiliki pemaketan yang sama yaitu .rpm dan management aplikasi nya menggunakan YUM atau DNF.

Berikut adalah contoh Distribusi yang langsung mengadaptasi dari Redhat:
– Centos (https://www.centos.org/)
– Fedora (https://getfedora.org/id/)
– Oracle Linux (https://www.oracle.com/linux/)
– Clear OS (https://www.clearos.com/)
dan masih banyak lagi yang lainnnya.

Berikut adalah Distribusi yang langsung mengadaptasi dari Turunan Redhat:
– NethServer (https://www.nethserver.org/)
– PC Linux OS (https://www.pclinuxos.com/)
dan masih banyak lagi yang lainnya

Distro turunan Redhat ini lebih banyak digunakan sebagai server. Bahkan hampir setiap server yang digunakan untuk bisnis kebanyakan menggunakan Centos/Redhat. Mungkin karena lebih banyak security yang dipasang seperti SELinux, ABRT, Kdump, dll yang meningkatkan performa dari segi security nya.

Sekian pembahasan mengenai Pilih Distro Debian based atau Redhat based dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk Share artikel ini supaya bisa bermanfaat untuk orang banyak. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya juga hanya di SolusiServer.com.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Artikel Terkait